dkp-solutions

Sekilas tentang QR Code

05 April 2019 0 views

Perusahaan – perusahaan terkini banyak menggunakan kode QR untuk melacak nama dan harga produk termasuk informasi nomor seri, nomor bagian, lot dan tanggal, dan data lainnya.

Mereka juga beralih ke QR Code ketika sistem barcode mereka kehabisan kapasitas karena komponen yang mereka gunakan melebihi jumlah item maksimum yang dapat mereka encode dalam barcode standar.

Pihak manajemen inventaris perusahaan juga memilih QR Code karena biasanya lebih mudah dibaca oleh ponsel dan tidak memerlukan pemindai genggam yang besar untuk membacanya.

Bahkan, QR Code dapat dipindai dari arah mana pun (360 derajat), agar lebih mudah bagi perangkat untuk membacanya dan untuk mengurangi kemungkinan memiliki masalah dengan gangguan latar belakang.

Selain itu, QR Code dapat menyimpan informasi hingga seratus kali lebih banyak daripada barcode horizontal & konvensional.

Banyak perusahaan memilih kode QR daripada barcode standar karena mereka dapat menyimpan dan menyajikan URL, koordinat geografis, dan teks.

Karyawan gudang dan fasilitas penyimpanan lebih suka menggunakan smartphone untuk memindai QR Code karena lebih nyaman dan mudah digunakan.

Smartphone juga tidak perlu secara fisik terhubung ke komputer atau berada dekat dengan satu untuk operasi manajemen inventaris di gudang.

Secara keseluruhan, QR Code menjadi kode pilihan untuk operasi rantai pasokan karena mengandung lebih banyak data dan informasi dan memudahkan pemindaian dengan smartphone.